KUNCI KEPEMIMPINAN

November 02, 2012



Anda dapat jatuh dalam kegagalan, tidak pernah melahirkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kreatif, dan kehilangan semua ambisi Anda, jika Anda tidak mampu mengatasi semua persoalan terkait hubungan antarpersonal. Jangan lupa, jika Anda menjadi seorang pemimpin berarti Anda telah bekerja untuk mengelola banyak orang. Setiap orang sangat senang mendapatkan kata-kata pujian, diprioritaskan dan diperhatikan. Oleh sebab itu, jadikan anak buah Anda merasa bahwa dia dianggap penting dan diperhatikan dalam organisasi yang Anda pimpin.


Anak buah Anda sangat membutuhkan suasana yang penuh senyum dari siapa pun. Mereka sangat ingin kesuksesan yang mereka kerjakan diketahui dan mendapatkan apresiasi atasan mereka.
Kunci kepemimpinan yang sukses adalah mempunyai kebiasaan untuk selalu berinteraksi dengan cara yang terbaik. Bahkan, hal ini merupakan faktor penentu terciptanya kesuksesan tanpa batas bagi seorang pemimpin yang ulung.  Seorang pemimpin sejati tersebut adalah dia yang mempunyai kebiasaan beretika yang baik dan mau mendengarkan orang lain. Dengan penuh kesadaran, dia meyakini bahwa apa pun yang dikatakan oleh orang lain haruslah ia dengarkan dan diapresiasi.
Inilah kepribadian seseorang yang cermat dan pandai bersyukur. Dia selalu mencukupi apa saja yang dibutuhkan oleh anak buah. Dia tidak menuntut bahwa anak buahnya harus selalu tampil dan bekerja dengan sempurna. Dia mampu merasakan segala kesulitan yang dirasakan oleh anak buahnya, baik secara personal ataupun antarpersonal. Oleh sebab itu, seorang pemimpin akan selalu menjadi sandaran untuk dimintai nasihat yang positif dan tulus dari anak buah.
Setiap kesuksesan yang diraihnya adalah kesuksesan bersama, bukan kesuksesan dia sendiri sebagai pemimpin. Oleh karena itu, kesuksesan tersebut harus dirayakan bersama, sehingga terwujud kebahagiaan bersama, bukan kebahagiaan salah satu pihak.
Pemimpin yang sejati akan selalu menaruh rasa hormat dan rendah hati terhadap orang lain. Dia selalu mau mendengarkan apa pun yang dikatakan oleh orang lain dan berusaha membuat mereka bahagia. Dia pun juga siap menerima kritik dari orang lain

You Might Also Like

0 komentar

Video Of Day