REVOLUSI MANAJEMEN
August 13, 2012
Bisnis dan masyarakat
sekarang ini berada di tengah-tengah revolusi yang sebanding dengan Revolusi
Industri baik dalam skala maupun akibatnya. Revolusi saat ini mempunyai empat
komponen: globalisasi pasar, penyebaran teknologi informasi dan jaringan
komputer, pembongkaran hierarki manajerial tradisional, dan penciptaan
perekonomian informasi baru. Empat komponen ini semua terjadi secara cepat dan
bersamaan, dan dipengaruhi serta mempengaruhi satu sama lain.
Globalisasi (komponen pertama
revolusi saat ini) dulunya secara sederhana berarti mengekspor beberapa barang
dan jasa ke negara-negara lain dan mungkin membuat beberapa fasilitas produksi
di luar negeri. Saat ini, globalisasi berarti semakin banyak keputusan
manajerial yang harus mempertimbangkan dunia secara keseluruhan, bukan hanya
regional atau negara, sebagai pasar yang relevan. Oleh karena kemajuan yang
sangat berarti dalam komunikasi dan transportasi, selera secara internasional
menjadi seragam, lebih banyak produk yang diimpor dan sebagian besar produk
lainnya mempunyai bagian-bagian yang diproduksi di luar negeri yang semakin
meningkat.
Komponen kedua revolusi saat ini
adalah penyebaran teknologi informasi dan jaringan komputer. Praktis setiap
teller bank, pekerja kantor pos, pekerja toko ritel, operator telepon, penagih
utang, dan lain-lain saat ini bekerja dengan komputer. Hal ini secara
mengagumkan mempercepat pengiriman barang dan jasa, memperkecil pemborosan,
mengurangi persediaan, dan secara umum meningkatkan produktivitas.
Komputer juga telah membongkar
hierarki manajemen tradisional dan mengurangi peringkat-peringkat yang ada di
manajemen tingkat menengah (komponen ketiga revolusi saat ini). Dahulu, para
manajer tingkat menengah merupakan garis penghubung informasi antara manajemen
tingkat atas dan pekerja. Saat ini, informasi di hampir semua kasus dapat
disebarkan dari manajemen tingkat atas langsung ke pekerja dan sebaliknya hanya
dengan menekan tombol komputer dan tanpa membutuhkan manajemen tingkat menengah.
Manajemen tingkat menengah yang masih bertahan sampai sekarang memiliki peran
yang semakin penting dan semakin sering dipergunakan untuk membantu para
manajer senior dalam operasi harian perusahaan sehingga manajer senior dapat
mengkonsentrasikan energi mereka pada manajemen strategi perusahaan.
Komponen keempat revolusi saat ini
adalah perkembangan yang cepat dari perekonomian informasi, dimana penciptaan
nilai semakin didasarkan kepada ilmu pengetahuan dan komunikasi ketimbang pada
sumber daya alam dan tenaga kerja fisik seperti masa lalu. Sebagai contoh,
banyak perbaikan mobil akan dilakukan tidak oleh montir dengan kunci inggris
tetapi oleh teknisi yang memperbaiki mesin dengan memprogram kembali sebuah
chip komputer, dan barang serta jasa semakin banyak dipasarkan dan
didistribusikan secara elektronik. Empat komponen revolusi tersebut
mempengaruhi secara drastis tidak hanya produk dan jasa tradisional yang
diproduksi dan didistribusikan tetapi juga seluruh organisasi produksi,
konsumsi, dan manajemen dalam berbagai hal yang belum benar-benar terbukti dan
dimengerti secara utuh.
Sumber: “Welcome
to the Revolution,” Fortune, 13
Desember 1993, hlm. 66-78; dan “Management’s New Paradigm,” Forbes, 5 Oktober 1998, hlm. 152-157.
0 komentar