PENERAPAN PERAMALAN DI FedEX
July 07, 2015
Perusahaan
pengiriman paket terbesar di dunia, FedEx, menghasilkan pendapatan $30 miliar,
menggunakan 650 pesawat, 40.000 truk, dan 145.000 tenaga kerja di 210 negara.
Untuk mendukung jaringan global ini, perusahaan memiliki 51 pusat panggilan
pelayanan pelanggan, yang sasaran pelayanannya adalah menjawab 90% dari seluruh
panggilan dalam waktu 20 detik. Dengan setengah juta panggilan harian hanya di
Amerika Serikat, FedEx menggunakan model peramalan yang luas untuk keputusan
kepegawaian dan menjamin tingkat kepuasan pelanggan tetap maksimal dalam industry
ini.
Departemen
Pemodelan & Peramalan di FedEx membuat beberapa peramalan yang berbeda.
Model satu tahunan dan lima tahunan memperkirakan jumlah panggilan, rata-rata
waktu penanganan, dan kebutuhan kepegawaian. Mereka memecah peramalan menjadi
hari kerja, Sabtu dan Minggu, kemudian menggunakan metode Delphi analisis deret
waktu.
Peramalan
taktis FedEx dibuat secara bulanan dan menggunakan data harian historis selama 8 tahun. Model deret
waktu ini menunjuk bulan, hari dalam minggu, dan hari dalam bulan untuk
memperkirakan volume panggilan. Terakhir peramalan operasionalnya menggunakan
rata-rata bergerak berbobot dan data 6 minggu untuk memproyeksikan jumlah panggilan
pada hitungan setengah jam.
Peramalan dalam Bisnis ( |
Peramalan-peramalan
FedEx secara konsisten akurat dalam 1% sampai 2% dari volume panggilan actual.
Ini berarti kebutuhan cakupan terpenuhi, tingkat pelayanan terjaga, dan
biayanya terkendali.
Sumber: Baseline (Januari
2006): 54 dan Journal of Business Forecasting (1999-2000): 7-11
1 komentar
Kerja di FedEx lah kita! :D
ReplyDelete