PENERAPAN PERAMALAN DI FedEX

July 07, 2015

Perusahaan pengiriman paket terbesar di dunia, FedEx, menghasilkan pendapatan $30 miliar, menggunakan 650 pesawat, 40.000 truk, dan 145.000 tenaga kerja di 210 negara. Untuk mendukung jaringan global ini, perusahaan memiliki 51 pusat panggilan pelayanan pelanggan, yang sasaran pelayanannya adalah menjawab 90% dari seluruh panggilan dalam waktu 20 detik. Dengan setengah juta panggilan harian hanya di Amerika Serikat, FedEx menggunakan model peramalan yang luas untuk keputusan kepegawaian dan menjamin tingkat kepuasan pelanggan tetap maksimal dalam industry ini.

Departemen Pemodelan & Peramalan di FedEx membuat beberapa peramalan yang berbeda. Model satu tahunan dan lima tahunan memperkirakan jumlah panggilan, rata-rata waktu penanganan, dan kebutuhan kepegawaian. Mereka memecah peramalan menjadi hari kerja, Sabtu dan Minggu, kemudian menggunakan metode Delphi analisis deret waktu.
Peramalan taktis FedEx dibuat secara bulanan dan menggunakan data  harian historis selama 8 tahun. Model deret waktu ini menunjuk bulan, hari dalam minggu, dan hari dalam bulan untuk memperkirakan volume panggilan. Terakhir peramalan operasionalnya menggunakan rata-rata bergerak berbobot dan data 6 minggu untuk memproyeksikan jumlah panggilan pada hitungan setengah jam.

Peramalan dalam Bisnis (www.csc.com)


Peramalan-peramalan FedEx secara konsisten akurat dalam 1% sampai 2% dari volume panggilan actual. Ini berarti kebutuhan cakupan terpenuhi, tingkat pelayanan terjaga, dan biayanya terkendali.



Sumber: Baseline (Januari 2006): 54 dan Journal of Business Forecasting (1999-2000): 7-11

You Might Also Like

1 komentar

Video Of Day